10 Spot Kekinian di Socokangsi yang Sebaiknya Kamu Datangi


Klaten terkenal dengan wisata Umbul Ponggok yang menawarkan pesona foto bawah air, wisata waduk Rowo Jombor dengan warung apungnya, Candi Merak, Candi Plaosan, Candi Sojiwan, Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Karangnongko, Makam Sunan Tembayat,  Wisata Watu Prau, Taman Lampion Klaten, Pabrik Gondang Winangoen, Los Mbako, Deles Indah, wisata kuliner Sop Ayam Pak Min, Ayam Bakar Pak Widodo, Apem, Rambak Ceker, Keripik Belut, dan lainnya. Namun, ada wisata baru sejak awal tahun 2017 yaitu Green Canyon Socokangsi dan Akar 1000.



Semua berawal dari pemuda desa bernama Mustofa, pria berusia 21 tahun yang mempunyai inisiatif untuk mengunggah foto-foto jernihnya kali Getuk yang berada di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah bersama para pemuda desa. Sontak menjadi gempar yang akhirnya membuat penasaran warganet untuk mendatangi jernihnya kali Getuk sepanjang 1 km dengan lebar 2 meter dan tinggi tebing sekitar 5 meter.

Jika datang kesini, tak perlu gundah gulana ketika memasuki waktu sholat. Karena ada mushola yang terbuat dari bambu yang ramah lingkungan. Ketika lapar, maka akan tersedia jajanan cilok, mie rebus, aneka camilan lainnya, dan tentunya minuman ringan. Tak ada tarif pasti, karena adanya kotak sukarela demi menjaga keberlangsungan lokasi tersebut. Tarif parkir motor hanya 2000 rupiah untuk sepuasnya, dan diberi nomor untuk penanda motor yang dititipkan.

Berikut ulasan spot yang sebaiknya kamu lakukan untuk mengabadikan foto-foto:

      1. Menara Perjuangan

Menara ini masih tampak kokoh jika dilihat dari dekat. Menara yang dibangun sejak zaman Belanda memiliki ketertarikan warganet untuk diabadikan. Tak lupa bendera Merah Putih untuk mengenang peristiwa merebut kemerdekaan masih terpasang dengan gagahnya.


2. Gerbang Selamat Datang
Gerbang selamat datang yang terbuat dari anyaman bambu yang dikreasikan sedemikian rupa membuat daya tarik tersendiri sebelum memasuki Green Canyon.



3. Gubug Bambu
Beberapa gubug dibangun untuk memudahkan para penjual menjajakan makanan dan minuman, juga sebagai tempat singgah pengunjung walau sekedar berteduh dan mengabadikan foto.


4. Air Terjun
Air terjun yang memiliki ketinggian kisaran 5 meter menjadi daya tarik pengunjung untuk mengabadikan foto, bahkan mandi dan menjadi ajang lompat terbanyak. Air terjun ini memang bening. Walau tak luas, namun cukup untuk memanjakan mata. 



5. Tempat Duduk Kekinian Akar 1000
Kalau kamu pengen eksis seolah-olah menjadi seorang ratu/raja, bisa loh duduk di singgasana ini. Background perakaran yang banyak membuat seolah-olah kamu berada di negeri dongeng. Kamu bisa foto dengan bawa tulisan yang bikin orang lain baper. Eits, jangan-jangan kamu yang baper. hehe


6. Rel Kereta Api Zaman Belanda
Rel ini terletak diatas Kali Getuk yang menghubungkan antara desa dengan bukit. Jangan lupa untuk berfoto disini ya... Bikin konsep foto yang vintage. Dan maksimal 5 orang yang berada di atas rel ini. Maklum, sudah tua dan karatan. Harus waspada.


7. Goa
Goa yang pintu masuknya sangat kecil hanya bisa dimasuki dengan cara menunduk bahkan merayap. Kalau mau masuk ke goa ini sebaiknya mengucapkan salam ya. Siapa tahu ada “penghuni lain” yang sedang disana. Ibarat mau silaturahim ke rumah orang kan sebaiknya mengucapkan salam, biar ada etika dan tak dianggap maling. 


8. Batu Cinta Akar 1000
Pemuda Karang Taruna Desa Socokangsi memang kreatif, batu-batu di kali pun di bentuk lambang hati. Kalau kamu foto diatas ini sambil bayangkan pasangan kamu, pasti baper dah.


9. Pintu Doraemon dan Terbang Bersama Kupu-Kupu
Pintu doraemon dan kupu-kupu besar menjadi properti ala-ala laksana kamu sedang berada di lorong waktu bahkan dimensi lain. Bayangkan kamu adalah Nobita dan Doraemon yang bersiap untuk mengembara ke masa depan. Eh sambil mencari tahu siapa masa depan kamu (nah loh, bahas jodoh...hahaha).


10. Pohon Penjaga
Pohon ini diperkirakan berumur ratusan tahun sebagai penyangga ekosistem disana. Bisa loh kamu foto disana....


Yuuk jelajahi Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah dengan segala pesona wisata alam dan kulinernya.


#visitklaten #visitjateng #dolanklaten #dolanjatinom #jatenggayeng

Komentar

Postingan Populer