SI CRIBO, PROTEIN BAR YANG TERBUAT DARI TEPUNG JANGKRIK

FOOD REVIEW
SI CRIBO, PROTEIN BAR YANG TERBUAT DARI TEPUNG JANGKRIK

Hai warga blogger, apakah kalian pengen makan enak tapi takut gendut? Sama donk. Aku juga. Buat warga blogger yang suka olahraga yang butuh nutrisi pendamping setelah olahraga selesai? Wuih, sama juga.

Kemarin aku ditawarin produk protein bar oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Produksi dan Pengolahan Ternak, IPB loh. Namanya CRIBO (Crakers Protein Bar On The Go), sejenis protein bar yang dibuat dari susu cair, whey, pumpkin seed, raisins, instant oats, roasters oats, almond, cranberry, dan tepung jangkrik. Produk ini tergolong masih baru di kancah makanan Indonesia karena CRIBO merupakan produk hasil PKM-Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Peternakan, IPB. CRIBO merupakan protein bar satu-satunya yang menambahkan tepung jangkrik. Wow, unik kan?






Hei hei hei, apa tepung jangkrik? Apakah ada yang merasa jijik? Takut? Atau kaget?
Kalau orang desa mungkin sudah terbiasa mengkonsumsi jangkrik. Bahkan aku waktu kecil suka mencari jangkrik lalu dimasak rame-rame dengan teman main. Maklum, saya adalah gadis petualang yang suka penasaran dengan luasnya dunia.

Begini warga blogger, jika kalian sering makan protein bar yang dijual di pasar itu dengan merek-merek terkenal dan dengan keunikan masing-masing. Disini CRIBO menjual keunggulan sendiri yaitu tepung jangkrik dan biji-bijan.

Untuk warga blogger yang suka olahraga, CRIBO sangat cocok untuk kalian. Setelah aku cicipi CRIBO dengan rasa raisin+pumpkin seed dan almond+cranberry, ternyata rasa jangkrik tak terasa di lidah loh. Malah aroma raisins atau cranberry yang terasa. Rasanya pas, tidak terlalu manis. Tapi manfaatnya jelas nyata. Apalagi makan sebungkus CRIBO, rasanya ingin mau makan lagi dan lagi. Gimana ya, aku kalau ada makanan enak langsung deket-deket gitu...


Kemasannya aman dari serangan penyakit, mudah dibawa kemana-mana, apalagi bisa masuk ke saku celana, atau saku baju.

Saya naksir tepung jangkriknya. Dan 10 Juni 2017, aku main ke laboratorium yang bergerak dalam budidaya jangkrik. Aku bisa melihat budidaya jangkrik secara nyata. Mendengar bunyi jangkrik, jadi ikutan nyanyi... Nah loh...





Warga blogger wajib tahu manfaat CRIBO untuk tubuh. Dengan 35 gram CRIBO, warga blogger bisa merasakan banyak manfaat. Yipz, mari disimak dulu..

1.    Tepung Jangkrik – Protein yang ada dalam jangkrik setara dengan protein dalam daging belalang, dan lebih tinggi dari daging ayam dan daging sapi. Ketika diolah menjadi tepung, jangkrik memiliki kandungan protein sekitar 57,32%. Tepung jangkrik mengandung DHA9, glutation (GSH), DHA, ARA, Omega 3, Omega 6. Melihat kandungan yang lengkap, maka wajar jika daging jangkrik memiliki khasiat menyehatkan bagi tubuh, antara lain : 1) Menambah stamina, 2) Menjaga kesehatan kulit, 3) Mencegah penyempitan pembuluh darah, 4) Pembentukan sel, 5) Meningkatkan kecerdasan otak anak, 6) Mencegah penyakit kwashiorkor+marasmus, 6) Meningkatkan sekresi enzim, 7) Mencegak katarak, 8) Mempertajam elastisitas persendian, 9) Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan 10) Menjaga kesehatan organ reproduksi.

2.    Susu Cair – Susu cair mempunyai manfaat antara lain menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan kecerdasan otak.

3.    Whey – Whey merupakan salah satu protein yang terdapat dalam susu ibu, susu sapi, dan susu formula yang terdiri dari asam amino esensial dan non esensial. Protein whey bisa didapatkan dari ekstraksi susu. Manfaat whey antara lain antara lain : 1) Membantu menurunkan kadar lemak, 2) Membantu mengurangi nafsu makan, 3) Membantu meningkatkan massa otot, 4) Membantu melawan kanker, 5) Membantu mengatasi stres, dan 6) Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4.    Pumpkin Seed – Pumpkin seed mengandung bermacam nutrisi antara lain serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin K, fosfor, mangan, magnesium, zat besi, seng, tembaga, antioksidan, potasium, vitamin B2, dan folat. Manfaat pumpkin seed antara lain :1) Memperbaiki kesehatan prostat dan kandung kemih, 2) Kaya magnesium yang baik untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko sakit jantung membentuk dan menjaga tulang yang sehat, dan 3) Mengontrol kadar gula darah.

5.    Raisins – Manfaat kismis antara lain : 1) Tinggi kalori sehingga baik untuk asupan energi, 2) Mencegah kanker, Sebagai obat buang air besar, 3) Mencegah gejala anemia, 4) Memperlancar peredaran darah, 5) Sebagai antioksidan, 6) Menjaga kesehatan tulang, 7) Menjaga kesehatan mata, 8) Menjaga kondisi keasaman lambung, 9) Menjaga kesehatan pencernaan, 10) Meningkatkan daya tahan tubuh, 11) Sebagai anti bakteri dan anti inflamasi, dan 12) Menjaga kesehatan jantung.

6.    Oats – Oat dikenal sejak lama sebagai sumber karbohidrat, makanan bebas garam, membantu mengontrol selera makan, mudah larut dalam air, dan sumber energi sehat untuk tubuh.

7.    Almond – Almond merupakan kacang populer bagi penduduk Mesir kuno dan India yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan kapasitas otak, kemampuan intelektual, dan umur panjang.

8.    Cranberry – Cranberry mempunyai manfaat antara lain: 1) Menghindari diabetes, 2) Mengusir bakteri jahat, 3) Menjaga kesehatan kulit, 4) Menghindari kanker, 5) Menjaga ginjal, 6) Membantu diet, 7) Mengatasi keracunan, 8) Sebagai dental, dan 9) Melancarkan pencernaan.

Melihat banyak manfaat dari bahan-bahan yang terkandung dalam CRIBO, yakin neh gak mau nyoba? Nyoba dikit aja... segigit dah.. mau rasa apa saja boleh.

Kalau kalian mau nyobain, ini dah aku kasih link-nya. Bisa beli online. Langsung kontak instagram CRIBO yak atau di LINE dengan add @gla8460b ... Harga bersahabat kok.. cocok untuk kantung mahasiswa... 



Yukk hargai produk lokal, apalagi homemade by students... 

Komentar

Postingan Populer